Senin, 24 Desember 2007

Kabar dari Jakarta

Fraut it yang terjadi di tahun 2006

Di Indonesia, seorang Wisjnu Permana Marsis melaporkan perihal sms Menristek Kusmayanto Kadiman kepada Presiden lewat sebuah surat rahasia tanggal 6 Desember 2006. Bukan sms biasa pastinya jika sampai dilaporkan ke Presiden. Wisjnu menyebutkan bahwa sms itu adalah bukti bahwa Menristek meminta imbalan duit terkait proses pemilihan Kepala Lapan yang baru.

Ceritanya, ada dua calon yang diusulkan Menristek sebagai pejabat Ketua Lapan yang baru, Arie Sadewo Salatun dan Wisjnu sendiri. Menurut Wisjnu, belakangan secara pribadi Menristek pernah menyatakan dukungannya untuk Wisjnu. Hari berganti, pada saat proses pemilihan Kusmayanto mengirim SMS bertanggal 20 Maret 2006 yang bunyinya:”Bos, tadi malam gue nge-’bom’ pihak-pihak yang maksa KaLapan musti dri luar. Gue talangin, Kita beresin belakangan, ya?” SMS ini diabalas Wisjnu dengan komentar:”Ya…,bagaimana Bapak sajalah.”. Kusmayanto, kemudian membalas dengan SMS:”Gerakan ini mesti clean dan elegant, ya”

Menurut Wisjnu (n rasa2nya sih semua orang yg baca ini) kalimat “gue talangin” mengandung isyarat2 berbau duit. Menristek meminta imbal jasa atas usahanya memastikan posisi Kepala Lapan diisi tetap diisi orang dalam.

SMS terakhir yang diterima Wisjnu pada tanggal 31 Agustus 2006 berbunyi:”Bos, TPA(Tim Penilai Akhir) sudah menetapkan ASS(Adi) sbg KaLapan. Wassalam” Kabar buruk berikutnya buat Wisjnu adalah beberapa bulan kemudian Adi mencopot Wisjnu dari jabatan sekretaris utama di Lapan. Pencopotan yang menurut Wisjnu, digerakkan oleh Mentistek karena tidak senang dengan laporan Wisjnu ke Presiden.

Buat yang bingung kenapa posisi Kepala Lapan saja sampai ribut2, harap jangan melupakan bahwa tahun ini rencananya Rusia akan mengucurkan bantuan puluhan juta dolar untuk kerja sama membangun pangkalan peluncuran roket di Biak. Sesuatu yang membuat posisi Kepala Lapan menjadi posisi “basah”

edward"24,12,2007"

1 komentar:

Nias_man!!!!!! mengatakan...

memang sudah bagus cuman alangkah baiknya klo disertakan dengan gambar yang sangat mendetail......
thax...........